Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet

Definisi
  1. PT Garuda Prima Internetindo atau “Bali Internet” adalah perusahaan penyelenggara jasa akses internet, didirikan berdasarkan peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

  2. Bali Internet adalah layanan telekomunikasi dalam bentuk data berupa penyediaan Jasa Akses Internet untuk keperluan Publik, Email, dan Jaringan Komunikasi Data, termasuk, namun tidak terbatas, pada produk turunan lainnya dimasa mendatang.

  3. Pelanggan adalah Pihak yang terdaftar sebagaimana tercantum dalam Formulir Pendaftaran yang disediakan oleh Bali Internet, baik atas nama diri sendiri, perusahaan maupun pihak yang diwakili berdasarkan surat kuasa dan/atau dokumen pembuktian lainnya yang sah secara hukum dan peraturan yang berlaku.

  4. Perangkat Bali Internet adalah Optical Network Terminal (ONT) dan perangkat pendukung lainnya, termasuk, tetapi tidak terbatas, pada peralatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan dimasa yang akan datang yang terdapat di lokasi Pelanggan, selama peralatan dan perlengkapan tersebut tercatat sebagai milik Bali Internet.

  5. Lokasi adalah lokasi tempat penyediaan layanan Bali Internet sebagaimana yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran/Dokumen pendukung lainnya.

  6. Force Majeure adalah kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga, berdampak luas dan yang terjadi diluar kekuasaan manusia, antara lain termasuk tetapi tidak terbatas pada peristiwa-peristiwa atau bencana alam, wabah penyakit (epidemi), pemberontakan, huru-hara, perang, kebakaran, sabotase, pemogokan umum, petir, putus aliran listrik umum diluar kemampuan para pihak untuk mengatasinya.

Penggunaan Layanan Bali Internet
  1. Ketentuan Penyediaan Layanan yang ditetapkan di bawah ini mengatur Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh PT Garuda Prima Internetindo selaku penyedia layanan. Pelanggan diwajibkan untuk membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pelanggan dalam menggunakan Layanan.
  2. Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan Bali Internet, maka Pelanggan dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Ketentuan Penyediaan Layanan. Ketentuan ini merupakan salah satu bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pelanggan dengan PT Garuda Prima Internetindo. Jika Pelanggan tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi dari Ketentuan Penyediaan Layanan , maka Pelanggan tidak diperkenankan menggunakan Layanan sebagaimana yang dimaksud.
  3. Bali Internet akan memberikan Username dan Password yang merupakan identitas unik milik Pelanggan untuk melakukan aksestabilitas dalam menggunakan dan menikmati Layanan. Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala aktivitas penggunaan Layanan dan menjaga kerahasiaan password sebagai suatu informasi rahasia yang patut dijaga kerahasiaannya.
  4. Pelanggan mengakui dan bertanggung jawab secara penuh bahwa informasi dan dokumen yang diserahkan kepada Bali Internet sebagai suatu persyaratan pendaftaran Layanan merupakan dokumen yang sah secara hukum dan memiliki kebenaran yang sejati. Bali Internet
  5. Pelanggan berhak untuk menikmati segala manfaat dan keuntungan yang diperoleh melalui penyediaan Layanan, dengan tetap memperhatikan Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh Bali Internet sebagai penyedia Layanan, termasuk peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
  6. Pelanggan dengan ini mengakui dan menyatakan bahwa Bali Internet dibebaskan dari bentuk pertanggungjawaban, atas layanan yang digunakan oleh Pelanggan atas ketidakcocokan peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh Pelanggan untuk menikmati Layanan termasuk jika Pelanggan melakukan hubungan kerjasama dengan Pihak Lain dan/atau telah terjadi suatu kombinasi antara perangkat milik Bali Internet dengan perangkat milik Pihak Ketiga yang tidak diatur dalam Perjanjian ini baik secara sebagian maupun menyeluruh yang akan mempengaruhi kualitas Layanan yang dinikmati oleh Pelanggan.
  7. Pelanggan dengan ini memahami segala resiko atas penggunaan dan/atau ketidaksanggupan Layanan yang disediakan oleh Bali Internet, untuk itu Pelanggan bersedia membebaskan Bali Internet dari segala tuntutan ganti rugi baik yang bersifat materil maupun inmateril dan bentuk pertanggung jawaban lain yang ditimbulkan dari adanya resiko tersebut.
  8. Pelanggan tidak diperbolehkan:
    1. Demi kenyamanan bersama pengguna Internet, Pelanggan tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan-tindakan yang disengaja sehingga mengganggu atau merugikan pihak lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
      • Tindakan atau usaha sehingga menimbulkan gangguan pada suatu jaringan atau sistem komputer atau menimbulkan ketidaknyamanan pihak yang berkepentingan;
      • Memberikan keterangan palsu terhadap data dan informasi yang dibutuhkan termasuk identitas diri terkait penyediaan Layanan yang disediakan oleh Bali Internet;
      • Menyewakan, menjual kembali, dan/atau mengalihkan penggunaan Layanan Bali Internet (baik sebagian atau seluruhnya) kepada pihak lain manapun tanpa persetujuan dari Bali Internet;
      • Melakukan perubahan apapun terhadap konfigurasi Layanan Bali Internet dan/atau perangkat pendukung yang disediakan oleh Bali Internet;
      • Tindakan atau usaha lain yang dapat dianggap telah melanggar hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah yurisdiksi Republik Indonesia.
    2. Pelanggan dilarang melakukan tindakan yang dapat menimbulkan gangguan pada jaringan dan atau sistem elektronik lainnya yang berkaitan atau memiliki keterkaitan dengan penyediaan Layanan yang disediakan oleh Bali Internet.
    3. Pelanggan dilarang untuk memberikan hadiah, tips, dan/atau pemberian lainnya yang dapat dikategorikan sebagai suatu pemberian yang tidak diatur dalam ketentuan penyediaan Layanan kepada petugas instalasi, staff, affiliasi, pegawai, manager, dan jajaran direksi Bali Internet.
Pemasangan
  1. Bali Internet akan melakukan proses instalasi untuk Pelanggan apabila telah terpenuhinya syarat-syarat yang ditetapkan oleh Bali Internet, termasuk persyaratan teknis berupa Formulir Berlangganan dan dokumen lainnya untuk dapat menggunakan dan menikmati Layanan.
  2. Bali Internet akan melakukan proses instalasi sesuai jadwal pengerjaan yang telah disepakati oleh Pelanggan, dengan standar prosedur yang telah ditetapkan oleh Bali Internet, dimana selama proses instalasi berlangsung, Pelanggan ataupun perwakilannya wajib berada di lokasi dan mengawasi seluruh proses Instalasi hingga selesai.
Perangkat dan Kualitas Servis
  1. Selama Pelanggan masih terdaftar sebagai pengguna Layanan, maka Pelanggan memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat Perangkat Bali Internet yang ditempatkan di lokasi. Apabila terjadi kerusakan/kehilangan atas Perangkat pendukung layanan Bali Internet, maka Bali Internet akan membebankan biaya penggantian/perbaikan kepada Pelanggan.
  2. Pelanggan wajib menjaga dan memelihara perangkat milik Bali Internet di lokasi Pelanggan agar tetap berfungsi dan dalam keadaan baik serta layak pakai terhitung sejak tanggal berlangganan sampai dengan dikembalikannya ke Bali Internet akibat
    berakhirnya masa Berlangganan dengan Bali Internet. Apabila terjadi kerusakan/kehilangan atas Perangkat pendukung Layanan Bali Internet karena sebab apapun, kecuali akibat dari keadaan Force Majeure, maka Bali Internet akan membebankan biaya penggantian/perbaikan kepada Pelanggan.
  3. Apabila perangkat milik Bali Internet yang ditempatkan di lokasi Pelanggan hilang, rusak atau musnah karena sebab apapun kecuali akibat dari keadaan Force Majeure dan kelalaian Bali Internet, maka Pelanggan harus mengganti perangkat tersebut atau mengganti sesuai dengan harga perangkat saat kehilangan atau kerusakan terjadi.
  4. Guna meningkatkan kualitas layanan yang disediakan kepada para Pelanggan serta demi pengamanan jaringan internal, Bali Internet berhak untuk melakukan perawatan berkala (scheduled maintenance) yang akan diumumkan selambatnya 3 (tiga)
    hari kalender. CBN juga berhak untuk melakukan tindakan pengamanan darurat yang akan diikuti pemberitahuan email utama masing-masing Pelanggan.
  5. Untuk keperluan pemeriksaan kualitas Layanan Bali Internet, Pelanggan wajib memperkenankan Bali Internet untuk dapat memasuki dan memeriksa perangkat di lokasi Pelanggan. Sesuai dengan surat perintah kerja yang ditunjukan oleh karyawan Bali Internet ke Pelanggan saat dilakukan kunjungan.
  6. Dengan Pemutusan Layanan dan/atau telah berakhirnya masa berlangganan, maka perangkat Bali Internet yang ditempatkan di lokasi Pelanggan wajib dikembalikan oleh Pelanggan kepada Bali Internet dalam keadaan lengkap dan tanpa adanya cacat baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.
Biaya, Tagihan dan Pembayaran
  1. Atas penyediaan Layanan sesuai dengan jenisnya masing-masing, maka Bali Internet berhak atas biaya-biaya berikut ini:
    1. Biaya pemasangan, yang wajib dilunasi Pelanggan sebelum Layanan dimulai
    2. Biaya bulanan, yang sesuai dengan jenis Layanan dan/atau fasilitas tambahan menurut permintaan Pelanggan, wajib dilunasi pada tanggal jatuh tempo di setiap bulan penagihan melalui Transfer, ATM, Internet Banking; atau Phone Banking. Informasi pembayaran lebih lanjut kunjungi laman ini ( Insert Link Page Informasi Pembayaran )
    3. Biaya tambahan untuk penyediaan perangkat, material dan service tambahan saat pemasangan dan/atau selama masa berlangganan.
  2. Apabila pelanggan mengajukan permintaan perpindahan alamat servis, maka pelanggan akan dikenakan biaya relokasi sebesar Rp. 220.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) Sudah termasuk ppn10%.
  3. Pelanggan tidak diperkenankan untuk melakukan pembayaran tagihan dalam bentuk apapun melalui karyawan dan/atau petugas Bali Internet di lokasi pemasangan.
  4. Penagihan atas penggunaan Layanan Bali Internet akan dilakukan di setiap Billing Cycle (Periode Tagihan) dan diinformasikan oleh Bali Internet melalui Faktur Tagihan/Invoice yang dikirimkan ke Pelanggan.
Pemberhentian Sementara dan Penutupan Layanan
  1. Bali Internet berhak untuk memutuskan Layanan sebelum Pelanggan menyatakan untuk melakukan pengakhiran masa berlangganan dalam keadaan:
    1. Pelanggan lalai melunasi kewajibannya sesuai dengan prosedur dan ketetuan yang ditentukan oleh Bali Internet;
    2. Pelanggan telah melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana yang tercantum dalam Ketentuan
      Penyediaan Layanan Bali Internet
    3.  Adanya permintaan dari pejabat penyidik negara guna kepentingan penyidikan sesuai dengan peraturan dan
      ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia
  2. Dalam hal terjadinya pengakhiran Perjanjian, Bali Internet dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 dan 1267 KUHPerdata.
  3. Pemutusan Layanan sebagaimana dijelaskan pada pasal 16, akan diikuti/didahului dengan pemberitahuan/peringatan
    sebelumnya kepada Pelanggan.
  4. Minimum masa berlangganan adalah 12 (dua belas) bulan, apabila sewaktu-waktu Pelanggan menginginkan pengakhiran Layanan sebelum 12 (dua belas) bulan masa berlangganan, maka Pelanggan wajib terlebih dahulu memberikan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sebelum tanggal pemutusan dan wajib membayar biaya penalty sebesar biaya bulanan dari sisa masa kontrak berlangganan.
  5. Pemutusan layanan akibat permintaan atau kelalaian Pelanggan dalam memenuhi ketentuan ini tidak menghapuskan kewajiban yang terhutang atas penggunaan layanan.
Jaminan dan Pembatasan Tanggung Jawab
  1. Bali Internet bertanggung jawab penuh atas kualitas layanan yang diberikan kepada Pelanggan terkecuali akibat adanya gangguan yang timbul karena kelalaian Pelanggan dan/atau dilaksanakannya tindakan pengamanan darurat dan peristiwa lainnya yang terjadi diluar kendali Bali Internet (force majeure) sebagai penyedia Layanan termasuk tetapi tidak terbatas pada suatu akibat dari adanya putusan pengadilan, ketentuan dan peraturan hukum yang baru dan berlaku surut maupun adanya keputusan dari Instansi Pemerintah yang berwenang dalam mengeluarkan suatu kebijakan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyediaan Layanan Bali Internet diwaktu yang akan datang.
  2. Bali Internet berhak sewaktu-waktu mengurangi, menambah atau mengubah Layanannya termasuk dengan perubahan harga dikemudian hari, dengan pemberitahuan terlebih dahulu melalui pengumuman di salah satu saluran Bali Internet, email blast, website, dan teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya, kecuali perubahan yang dilakukan pihak ketiga.
Kerahasiaan dan Hak Cipta
  1. Bali Internet berhak untuk memberikan informasi mengenai identitas Pelanggan terdaftar kepada pejabat penyidik yang berwenang dalam keadaan tertentu sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia
Hukum dan Lain-Lain
  1. Tidak dilaksanakannya sebagian atau seluruh Ketentuan ini oleh salah satu atau kedua belah pihak tidak termasuk sebagai pelanggaran atas Ketentuan jika hal-hal tersebut disebabkan oleh keadaan Force Majeure (keadaan memaksa).
  2. Isi dan pelaksanaan ketentuan ini tunduk kepada peraturan dan hukum yang berlaku di wilayah jurisdiksi Republik Indonesia.
  3. Dalam hal timbulnya perselisihan akibat isi dan pelaksanaan ketentuan ini, maka akan diselesaikan secara musyawarah langsung antara Pelanggan dan Pihak Bali Internet.
  4. Apabila Pelanggan dan Bali Internet tidak dapat menyelesaikan perselisihan secara musyawarah, maka Pelanggan dan Bali Internet sepakat untuk menempuh jalur hukum dan menunjuk Pengadilan Negeri Denpasar sebagai domisili hukum umum dan tetap.
  5. Apabila telah terjadi suatu pertentangan atau ditemukannya ketidaksesuaian antara Ketentuan Penyediaan Bali Internet dengan Dokumen lain yang masih saling berhubungan dalam penyediaan Layanan yang disediakan oleh Bali Internet, maka yang berlaku adalah ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet ini
Amandemen dan Variasi
  1. Apabila terdapat ketentuan dalam Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet yang secara khusus mengatur bahwa ketentuan alternatif sebagaimana yang terdapat dalam Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penyediaan Layanan Bali Internet kepada Pelanggan lebih berlaku atas ketentuan yang terdapat didalam Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet ini, maka ketentuan pengganti yang terdapat didalam dokumen tersebutlah yang akan berlaku selama hanya berlaku atas Dokumen-dokumen sebagaimana yang dimaksud tersebut dan bukan merupakan variasi dari Ketentuan manapun dalam Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet.
  2. Bali Internet memiliki hak untuk mengubah baik secara sebagian maupun menyeluruh terhadap isi dari Ketentuan Penyediaan Layanan Bali Internet dikemudian hari. Setiap perubahan dapat dilihat pada website Bali Internet dengan pemberitahuan terlebih dahulu melalui pengumuman di salah satu saluran Bali Internet, email blast, website, dan teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya, kecuali perubahan yang dilakukan pihak ketiga.